4 Makanan Untuk Mengatasi Anak Susah Tidur

4 Makanan Untuk Mengatasi Anak Susah Tidur

Bagi anak, tidur adalah salah satu kebutuhan penting yang harus dipenuhi dengan baik. Pertumbuhan anak umumnya terjadi pada saat tidur. Kualitas tidur yang baik dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan anak. Lalu bagaimana jika anak susah tidur?

Penyebab anak susah tidur dan cara mengatasinya

Ada beberapa penyebab anak susah tidur di malam hari. Di antaranya stres, kelelahan karena aktivitas seharian, takut akan mimpi buruk atau tidur sendirian, juga anak yang masih asyik bermain gawai atau nonton televisi. Mengingat pentingnya tidur bagi anak, maka melihat anak yang susah tidur tentu membuat orang tua resah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang susah tidur. Umumnya cara-cara ini bertujuan untuk membuat anak menjadi lebih tenang dan rileks sehingga dapat tidur lebih nyenyak. Cara yang dilakukan antara lain membacakan dongeng untuk anak, memberinya pijatan sebelum tidur, dan mematikan lampu kamar agar suasana kamar lebih kondusif.

Makanan yang membantu anak susah tidur

Selain cara-cara di atas, orang tua juga dapat mengatasi anak susah tidur dengan menyajikan makanan tertentu. Sejumlah makanan diketahui mengandung zat yang dapat membuat anak rileks sehingga membuat tidur lebih mudah. Dilansir dari Live Strong,beberapa makanan yang membantu anak susah tidur antara lain:

1. Produk susu
Asam amino dan triptofan adalah kedua zat yang diketahui dapat memicu rasa kantuk. Triptofan bekerja dengan menghasilkan serotonin yang menyebabkan rasa kantuk datang. Triptofan banyak ditemui dalam produk susu seperti susu sapi, keju, dan yoghurt. Produk susu ini juga mengandung kalsium yang membantu tubuh menghasilkan triptofan dan melatonin yang sama-sama bertugas untuk menimbulkan rasa kantuk.

2. Makanan tinggi karbohidrat dan protein rendah
Perpaduan antara makanan yang mengandung triptofan dan karbohidrat dapat menghasilkan asam amino lebih banyak sehingga membuat tidur anak lebih nyenyak. Makanan seperti biskuit gandum utuh. pie apel keju atau selai kacang merupakan camilan tepat yang dapat membantu anak untuk tidur lebih cepat. Namun hindari memberikan camilan ini dalam porsi terlalu banyak dan terlalu dekat dengan jam tidur karena justru akan mengganggu pencernaan anak dan membuatnya terjaga.

3. Pisang
Anda ingin makanan alami dan sehat yang dapat membuat anak cepat tidur? Segera beri anak Anda pisang. Pisang mengandung melatonin dan serotonin yang akan menenangkan tubuh Anda dan membantu mengatur siklus tidur tubuh. Pisang juga mengandung magnesium dan potasium yang berfungsi untuk membuat otot lebih rileks. Berikan anak Anda potongan pisan segar atau olahan pisang seperti smoothie dengan susu rendah lemak.

4. Oatmeal
Oatmeal biasanya dikonsumsi saat sarapan karena mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber tenaga. Namun oatmeal juga baik untuk dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur karena mengandung vitamin dan mineral serta karbohidrat yang dapat membuat Anda mengantuk. Tambahkan potongan buah agar kudapan Anda menjadi lebih sehat dan segar.

Sumber : Doktersehat.com

Post Your Comment