5 Tips Mengajarkan Nilai Uang pada Anak

5 Tips Mengajarkan Nilai Uang pada Anak

Selain membekali anak dengan kemampuan kognitif, orang tua juga perlu mengajarkan anak tentang uang. Meskipun penggunaan uang pada anak masih pada batas sederhana, namun tidak ada salahnya mengajarkan uang sejak dini.

Tips mengenalkan uang pada anak

Secara umum fungsi uang yang perlu dikenalkan pada anak adalah untuk berbelanja, berbagi dan menabung. Jika anak sudah paham konsep tersebut, maka Anda bisa mengajarkan uang melalui kegiatan sehari-hari seperti:

1. Ajak anak berbelanja
Saat Anda perlu berbelanja bulanan, ajak anak untuk pergi ke pasar atau supemarket. Di sini anak akan memerhatikan cara orang tuanya berbelanja. Anak juga akan mengenal bagaimana cara bertransaksi dengan membayarkan sejumlah uang untuk mendapat uang yang akan dibeli. Jika berbelanja di pasar, anak dapat belajar untuk menawar. Dengan mengajak anak belanja, anak juga akan mengetahui apa saja kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

2. Berikan anak uang saku
Saat anak mulai masuk sekolah dasar, Anda bisa mengenalkan uang dengan memberinya uang saku. Ajarkan pada anak untuk menggunakan uang sesuai kebutuhan anak seperti membeli makan siang atau jajanan yang ia inginkan. Memberi anak uang saku dapat melatih tanggung jawab anak pada uang dan ia akan belajar untuk mengatur keuangannya.

3. Ajari anak untuk menabung

Mengajarkan anak menabung penting bagi perkembangan karakter anak. Anda bisa mengajarkan anak bahwa untuk mendapatkan sesuatu, ia harus berusaha atau bekerja keras. Mengajarkan anak untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung juga merupakan salah satu cara untuk membentuk perilaku hemat pada anak.

4. Ajari anak untuk bersedekah

Selain berbelanja dan menabung, jangan lupa ajarkan anak untuk berbagi dengan cara bersedekah. Tanamkan pada anak agar ia tidak boros dalam menggunakan uang karena tidak semua orang bisa mendapatkan uang dengan mudah. Dengan bersedekah, Anda juga dapat melatih anak untuk berempati pada sesama.

5. Ajarkan dalam permainan
Salah satu cara seru untuk mengajarkan uang pada anak adalah melalui permainan. Salah satu permainan paling populer untuk belajar tentang uang adalah monopoli. Melalui monopoli, anak juga dapat belajar mengenai fungsi bank dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber : Doktersehat.com

Post Your Comment