5 Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

5 Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

Anak yang memiliki minat membaca sejak kecil dapat menimbulkan perilaku positif. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak yang memiliki minat baca tinggi cenderung berperilaku baik di dalam kelas. Lalu, bagaimana cara menunmbuhkan minat baca pada anak?

 

Cara menumbuhkan minat baca pada anak

Agar anak memiliki ketertarikan pada buku, kebiasaan ini harus dimulai dari orang tuanya. Jika orang tua kerap membacakan buku pada anak-anak atau membelikan buku, maka anak pun akan menunjukkan ketertarikannya pada buku.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menanamkan minat baca pada anak antara lain:

1. Bacakan beragam cerita
Sediakan beberapa buku cerita anak yang memiliki cerita beragam mulai dari cerita rakyat, fabel, dan cerita yang populer di dunia agar anak terbuka wawasannya dan memancing keingintahuan anak.

2. Ganti suara Anda 
Tidak perlu malu membuat suara aneh di hadapan anak. Cara ini dapat membantu anak lebih memahami cerita dan konteks. Semakin menarik cara Anda menyampaikan cerita, anak akan semakin tertarik pada apa yang Anad bacakan.

3. Hubungkan dengan kejadian sehari-hari
Setiap cerita memiliki pesan tersendiri. Cobalah untuk mengajak anak diskusi mengenai cerita yang baru saja Anda bacakan dan kaitkan dengan kejadian sehari-hari agar anak dapat belajar dari cerita tersebut dan meningkatkan daya ingat anak.

4. Banyak diskusi dengan anak
Semua yang ada dalam elemen buku cerita tersebut bisa Anda diskusikan. Mulai dari ilustrasi, cerita, karakter masing-masing tokoh serta pesan yang disampaikan. Membuka diskusi dengan anak dapat bermanfaat untuk mengasah kecerdasan anak.

5. Lakukan dengan teratur
Meskipun terkesan menarik, namun nyatanya tidak semua anak suka dibacakan cerita. Hal ini dapat membuat anak kurang tertarik pada buku. Namun sebagai orang tua, sebaiknya Anda tidak mudah menyerah dalam mengenalkan buku dan bacaan apa pun pada anak. Lakukan setiap hari sebelum tidur atau di saat senggang agar anak mau menyimak. Selain itu Anda juga bisa memulainya dengan mengenalkan pada komik atau buku bergambar lainnya.

Sumber : Doktersehat.com

Post Your Comment